Masukkan apa yang anda cari di bawah ini

Friday, November 2, 2007

Anggaran Cermat, Liburan Hebat

Acara liburan rusak gara-gara kehabisan uang? Jangan sampai terjadi! Untuk itu, Anda perlu membuat anggaran liburan.

Bayangkan jika Anda sekeluarga tak bisa mengunjungi lokasi berlibur yang diidamkan padahal sudah capek-capek menempuh perjalanan ke sana. Atau, yang lebih parah, Anda harus pulang lebih cepat dari jadwal berlibur yang sudah ditetapkan. Dan semua itu hanya karena dananya kurang. Betapa menjengkelkan! Di sinilah pentingnya sebuah anggaran. Dan anggaran liburan -- berisi rencana pengeluaran selama liburan -- sebaiknya dipersiapkan jauh-jauh hari. Tujuannya supaya Anda sekeluarga bisa berlibur lebih sukses dan nyaman, dan pulang ke rumah dengan pikiran lebih segar dan bersemangat.

Empat Langkah Persiapan

Membuat anggaran liburan sama sekali tidak sulit. Isinya sangat sederhana sehingga mudah diikuti. Berikut langkah-langkahnya:

1. Tentukan tempat liburan. Besar-kecilnya anggaran liburan tergantung tempat liburan yang akan dituju. Liburan ke luar negeri tentu lebih mahal daripada di dalam negeri.

2. Hitung biayanya. Jika tak ingin repot hitung-menghitung, ambillah program paket wisata dari biro perjalanan wisata di kota Anda. Jika Anda memilih menyiapkan sendiri, tetaplah minta informasi perkiraan biaya akomodasi (termasuk transportasi, penginapan, dan tempat rekreasi dari tempat liburan yang akan dituju) dari orang yang Anda anggap lebih tahu.

3. Persiapkan dananya. Jika liburan tergolong 'pengeluaran ekstra' dan bukan pengeluaran rutin, alangkah baiknya jika Anda mempersiapkan dananya dari kelebihan dana ekstra juga. Misalnya, dari bonus akhir tahun atau tunjangan hari raya. Jangan memakai dana tabungan untuk liburan, kecuali jika tabungan tersebut belum akan digunakan untuk tujuan apa pun.

4. Hitung pos-pos pengeluaran. Ada enam pos pengeluaran selama liburan yang perlu Anda cadangkan dananya, yaitu:
1. Transportasi. Perkirakan berapa biaya yang harus Anda cadangkan untuk transportasi pulang-pergi. Besar-kecilnya biaya tergantung alat transportasi yang Anda pilih.
2. Penginapan. Cari informasi biaya menginap di tempat berlibur yang Anda inginkan, sehingga Anda bisa memperkirakan biaya penginapan.
3. Makanan. Kemungkinan Anda tak akan memasak makanan sendiri selama di tempat liburan. Jadi, cadangkan biaya makan sebanyak biaya makan satu hari untuk seluruh keluarga, dikalikan jumlah hari liburan.
4. Rekreasi. Di tempat liburan akan ada beberapa tempat rekreasi yang bisa dikunjungi. Tetapkanlah dahulu berapa anggaran untuk rekreasi ini baru kemudian sesuaikan dengan tujuan atau tempat rekreasinya.
5. Belanja. Anda mungkin ingin membawa oleh-oleh berupa suvenir atau makanan khas dari tempat liburan untuk diberikan ke teman atau tetangga. Anak-anak pun demikian. Perkirakanlah berapa anggaran secukupnya untuk oleh-oleh, dan berbelanjalah sesuai anggaran tersebut.
6. Biaya tak terduga. Untuk mencegah kurangnya dana karena harus membayar pengeluaran yang tidak ada dalam anggaran, cadangkanlah dana untuk biaya tak terduga.

Nah, selamat berlibur!

Dikutip dari Majalah PARENTS GUIDE Edisi Desember 2002



Related Posts by Categories



No comments: